Chinese algae eater atau biasa disebut ian CAE adalah ikan akuarium air tawar yang dikenal sebagai pemakan Alga. Tentunya sagat bermanfaat bagi ekosistem dalam tank. Ikan ini ditemukan di lembah Chao Phraya, Semenanjung Melayu bagian utara, Mekong di Kamboja, provinsi Yunnan di China, Laos, dan Thailand, baskom Mae Klong dan Sungai Xe Bang Fai. Mereka menghuni badan air berukuran besar dan sedang seperti danau dan sungai dan kadang-kadang memasuki daerah banjir. Mereka sering ditemukan di perairan sungai berarus dan anak sungai yang dangkal dan terbuka yang terkena sinar matahari. Mereka juga bermigrasi ke perairan yang lebih dalam tergantung pada musimnya. Ikan ini menghabiskan sebagian besar waktunya di permukaan datar seperti batu.

Latar belakang Chinese Algae Eater
Gyrinocheilus aymonieri atau Chinese Algae Eater adalah salah satu ikan akuarium yang paling dikenal sebagai pemakan alga. Ikan Ini diperkenalkan oleh Tirant pada tahun 1883. Ditemukan di daerah yang luas di Asia Tenggara dan bagian selatan China. Di negara asalnya digunakan sebagai ikan hias dan konsumsi. Ikan Ini masuk Family Gyrinocheilidae di bawah ordo Cypriniformes dari Class Actinopterygii.

Pemeliharaan ikan CAE
Minimal air dalam tank adalah 30 galon, dianjurkan dengan banyak tanaman, batu dan kayu apung agar alga bisa tumbuh sebagai pakan alami ikan ini. Ikan CAE juga membutuhkan banyak ruang untuk berenang. Anda bisa menampung beberapa ikan CAE di satu habitat tunggal, tapi lebih bainya adalah memelihara setidaknya enam spesies yang berbeda. Ikan ini lebih menyukai tank mature dengan banyak tempat persembunyian. Tangki harus memiliki daerah yang teduh karena mereka cenderung ingin menghindari cahaya terang. Ikan ini lebih menyukai arus kuat dengan air dengan kadar oksigen tinggi. Mereka tidak boleh dipelihara dengan ikan yang lebih kecil seperti Neon Tetras atau ikan yang bergerak lambat seperti Angelfish dan Discus. Mereka tidak boleh dipelihara dengan Goldfish. Mereka hidup dengan baik pada ikan semi agresif seperti ikan jenis Cichlids. Ikan CAE terkadang bisa melompat keluar dari tangki sehingga Anda membutuhkan kap yang bagus untuk mencegah lompatan. Ini lebih menyukai kimia air yang baik dengan pH 6,5-7,7, kekerasan air 8 sampai 12°dKH dan suhu 75-80°F. 25 - 50% air tangki harus diganti setidaknya sebulan sekali. Jika tangki yang padat stok 20-25% harus diganti mingguan atau 2 minggu sekali.


Memberi makan ikan CAE
Chinese Algae Eater adalah ikan herbivora yang terutama memakan alga. Sumber utama makanan adalah ganggang pada tanaman, batu, kaca, kayu apung dan substrat lainnya. Dalam kondisi peliharaan mereka menerima makanan buatan seperti makanan akuarium olahan, pellet, krustasea beku dan ikan kecil. Ikan ini juga bisa diberi makan dengan wafer alga, sayuran seperti mentimun, pelet yang tenggelam. Pakan harus diberikan satu atau dua kali sehari.

Pembiakan Ikan CAE
Sedikit yang diketahui tentang cara berkembangbiakan ikan ini di bawah kondisi peliharaan. Mereka berkembang biak dengan cara bertelur. Kimia air yang baik dan aliran air yang kuat memicu ikan CAE untuk bertelur. Sebelum pemijahan, induk ikan harus dikondisikan dengan pakan yang diperkaya vitamin. Tangki pembibitan harus setidaknya berisi 50 galon air dengan sedikit tanaman dan arus air kuat. Air tangki harus memiliki suhu dan pH yang sesuai, masing-masing berkisar antara 77-82F dan 6-8. Anak ikan (burayak) menetas dalam 2-3 hari. Anak ikan yang baru lahir harus diberi makan dengan alga dan makananyang tenggelam.

Jenis kelamin ikan CAE
Sangat sulit untuk membuat perbedaan antara jantan dan betina. Ikan ini memiliki banyak duri kecil di sekitar mulut. Saat dewasa, duri kecil ini lebih banyak terdapat pada ikan jantan. Betina dewasa memiliki tubuh yang lebih tebal dan bundar sedangkan tubuh jantan lebih kurus dan ramping.



Nama Ilmiah: Gyrinocheilus aymonieri
Nama Umum: Chinese algae eater, Sucker Loach, Sucker fish, gold algae eater, lemon algae eater
Asal: Asia Selatan
Ukuran Dewasa: Hingga 11 inci (28 cm)
Perilaku: Semi-agresif
Tingkat Tank: Bawah
Ukuran Tangki Minimum: 55 galon (208 liter) atau lebih besar.
Diet: Herbivora
Pembiakan: Sulit berkembang biak di akuarium rumahan
Tingkat Perawatan: Mudah - Sedang
PH air: 6.5 - 7.5
Kekerasan Air: 8 ° sampai 12 ° dKH
Suhu Air: 75 - 80 ° F
Gerakan Air: Arus air yang kuat
Pencahayaan: Sedang - pencahayaan normal
Umur: 5 - 10 tahun